The Hairy Clan: EVOLUTION OF STYLE

Friday, January 15, 2016

EVOLUTION OF STYLE

Buat orang-orang yang bener-bener kenal frimin pasti tau kalo saya nih pencinta design. Dari fashion, graphic, interior, jamban, ANYTHING! Pokoknya kalo udah berhubungan dengan desain dan estetika, AKU NEMEN!

Kecintaan saya akan fashion design sudah tersalurkan melalui FRAI.

Kecintaan akan graphic design tersalurkan dengan mendesain semua FRAI's marketing tools (logo, name card, paper bag), mendesain kartu undangan nikahan sendokir, dan mendesain printables dessert table yang sesekali kubuat untuk baby shower temen segeng.

Nah tinggal yang interior dong?! Kecintaan akan interior ini pastinya baru bisa tersalurkan kalo udah punya rumah sendiri. Yang mana kemaren-kemaren belom bisa kejadian karena aku masih numpang di rumah ortu.
Baru sekarang ini nih, pas ada kesempatan tinggal di rumah sendiri, ilmu-ilmu dari pinterest bisa diaplikasiin.

***

But what surprised me the most is how my style evolves through out the years.

FASHION

First Phase: Boho

Ambil contoh setil baju deh ya. Di tahun 2004-2009 saya sangat terobsesi dengan gaya boho. Koleksi baju selalu ala hippies, dengan renda-renda, motif bunga-bunga, dan warna putih-putih kusem kayak bendera pusaka.

Di tahun-tahun itu tempat belanja favoritku bukanlah mol, melainkan pasar senen dan gedebage di bandung demi secercah harta karun berbentuk gaun renda bekas warga yapon.

Hmmm.... higienis!


Dan tentu, like most boho heads, Mary Kate Olsen and Nicole Richie are our Goddesses!  Everything that they wore, I tried to copied. Mary Kate pake rompi bulu? Aku ambil keset di rumah dan jait jadi satu. Nicole pake dress lace panjang melambai-lambai cantik sampai ke lantai? Aku ambil taplak dan gorden berenda punya mamah, panggil tukang vermak keliling, dan VOILA!

Ok I didn't do any of that. But you get the idea!


After years and years obsessing over boho style, just like Mary Kate and Nicole, I realized that I'm no Kate Hudson in Almost Famous, nor I ever will be. And so, we moved on, and evolved into the next phase.

Second phase: Layered/ Easy 

Kenyang makan renda, gayaku berlanjut ke more casual layered look. Seringkali baju hari-hariku terdiri dari 3 pieces. Celana, top/shirt, outerwear. Kadang tampilan agak preppy dengan mengancing baju berkerah sampai ke leher, kadang santai-santai memble chic. Pokoknya kuncinya cuma satu, pake outerwear!

Tempat belanja tentunya udah gak di pasar-pasar lagi dong ya, koleksi outer juga kian melimpah karena aku merasa telanjang tanpa outer!


Third Phase: Draped

Setelah fase lapis melapis mulai padam, sekarang mulai masuk ke fase obses akan apa pun dengan draped details. Baju tarik sana, lipet sini. Dropped crotch pants atau diaper pants yang dulu aku gelay liatnya, sekarang doyan.

Tapi kecintaan akan draping ini kurang di support nyokap sendiri sih. Tiap liat baju guwah, nyokap langsung "ruwet amat sih baju kamu, kayak baju orang gak bener!" Walopun akik sendiri kurang paham baju orang gak bener itu kayak apa sih?


DECOR

Selain gaya berpakaian, evolusi akan selera ini juga berlaku di house decor.

If the early 20 me had a house, the house would probably looked like this:


*Bola mata kembang-kembang*

Maniiiiiisss, feminin, perempuan sekali sampai ke akar-akar. Agak kesian suami sih kalo dikasih rumah barbie begini.

Younger me memang sempat lumayan obses berat sama shabby chic. Tapi siapa sih yang enggak? Kayaknya hampir semua perempuan dulu lemah banget sama setil-setil manis bebungaan gini.

But now, I'm totally over this phase *Eki tumpengan*. Bahkan karena dulu gaya ini trendi sekali, saya sekarang cukup bocen dan mual liatnya. Kenyang amat liat bunga akoohh!

Lanjooottt!!

If the mid 20 me had a house, it would be like this:


Abis bleneg sama yang feminin-feminin, pelarian langsung ke besi-besian. Lagi-lagi mungkin keseret trend ya, tapi memang ada masanya saya sukaaa banget sama industrial style.

Bahkan sampe sekarang gaya industrial ini masih nyangkut di hati lho. Although I wouldn't do everything industrial. Biar gak kayak bengkel las amat lah yaaa.. Imbangin dikit lah maakk.

And now, setelah memasuki umur 30an, my dream house would be:


*Insert gambar hati segeda Jaya Wijaya*

It's a mix between Mid Century Modern + Californian Bohemian + On Trend Color.

Jadi kesimpulannya decor favoritku di usia yang sudah menginjak dewasa ini adalah gabungan dari: kayu, kulit, brass, fur, and a touch of modern happy color.

Eki gak bakal malu-malu amat mengadopsi gaya ini di rumahnya, tapi kefemininanku masih terjaga. Semua senang dan berpelukan!

Jadi kalo diliat-liat nih, semakin dewasa kayaknya selera guwah makin simple tapi tambah ada HO-OH nya!

Akankah selera busana dan decorku berubah lagi? Ya mungkin banget dong yaa.. namanya juga orang!

Kalo kalean-kalean gimana? Is your style evolving? Atau kurang lebih gitu-gitu aaee?



PS: semua gambar aku comot dari gugel dan pinterest.

4 comments :

  1. Fry, pakabarrrr.... eh itu link kamu tulisnya instagaram (pantesan pas di klik gak bisa hahahaha).

    Gaya busana gue, pas SMP dulu parah abis, lebih emak-emak daripada emak gue sendiri loh! Rok sepan, blus warna warni, pokoknya nggak banget. Pas kuliah, santai banget kayak cowo. Untung masih ada yg mau.

    Kalau pas udah usia "matang" gue merasa sudah menemukan my style. Simpel, gak rame, fit well. Eh sayangnya karena body makin gembyor, jadi deh mulai longgar hahahahah. Pdhl dulu terkenal lumayan plg modis sekantor, sekarang kalo balik lagi ke kantor kayaknya termasuk yg ancur hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku Baaiiikkkk, kamu apa kabarnya?
      Ahahaha iyaa baru sadar gue juga maakk.. udah langsung diganti nih!

      Naahh kalo gaya busana pas SMP - SMA juga gue males bahas yaa, kayaknya inspired by hiphop artist. Kaos-kaos billabong gombrong, celana jeans baggy. Keceeee!

      Ahahaha seru yaa banding2in setil sendiri over the years, kayak langsung tersadarkan, wooww aku berubaahh!

      Delete
  2. Hai mbak Frimin.. kok kebeneran banget kemaren baru ceting pesen Frai di LINE sekarang update blog. Aku suka lho blognya, update sering-sering dooong... :)

    Btw, style favoritenya mirip-mirip deh, cuma sebelum kemana-mana pake outerwear, style aku sporty, skater girl ala Avril, kaos, sneakers hahaha... Sekarang sukanya yang large size, basic and comfortable with a twist, ala-ala Frai gitu.. Eaaaa...

    I looooveD shabby chic. Dulu lemah banget sama shabby chic. Rumah impian sekarang? IKEA-minded lah, simple, white with touch of colors everywhere.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha masaaakk? Duh jadi sayaanng! Makasih yah udah belenjeus :*

      Naahh gaya-gaya sporty skater girl itu emang aku liat lumayan banyak menjangkit orang-orang ya, dulu temen-temen di kampus juga kayaknya ada beberapa yg adopsi gaya begini. Aku tapi kenanya sama racun Mary Kate Olsen.

      Iya kaann.. dulu siapa siihh yang gak suka Shabby Chic, kayaknya hampir semua perempuan punya soft spot buat shabby chic. Tapi ya itu emang makin dewasa biasanya selera kita makin menyimpel :D

      Delete